Sabtu, 26 November 2016

SMK PGRI 2 Ponorogo Satu-satunya Sekolah Dipilih Tianjin China


Berita Pendidikan Ponorogo - Terpilihnya SMK PGRI 2 Ponorogo oleh pihak Tianjin Cina ini tergolong luar biasa. Pasalnya, ada sepuluh kandidat SMK se Jawa Timur tetapi yang terpilih hanya SMK PGRI 2 Ponorogo.

“Jadi kami adalah satu satunya SMK yang dibantu pemprov Tianjin, bengkel full dan instrukturnya,” sebutnya.

Hal ini menurutnya, berkat kemanujan dan juga mutu di SMK PGRI 2 Ponorogo. “Kami dinilai oleh Pemprov Jatim dan Pemrov Tianjin layak mendapat bantuan dari sisi sekolah swasta,” sebutnya.

Menurutnya, SMK PGRI 2 Ponorogo dipandang mampu dan layak lantaran kepala sekolah dalam manajemennya berupaya berskala internasional.

”Kembali lagi kepada komitmen kepala sekolah apakah SMK ini mau dbawa kemana. Skala lokal, provinsi, nasional atau memang dibawa go internasional,” tegasnya.

Bahkan, dari hasil kunjungan ini, kara Arif-sapaan akrabnya, pihak Tianjin menawarkan beasiswa kepada anak didiknya yang mau belajar ke cina.

“Semua akan difasilitasi dinas provinsi Tianjin, asrama makan pendidikan gratis anak hanya beli tiket pulang pergi,” katanya.

Sementara itu, perwakilan pemerintah Tianjin di Jawa Timur yang diwakili oleh Jasper Ho menegaskan kedatangannya ke SMK PGRI 2 Ponorogo untuk menindaklanjuti kerjasama. Terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di bidang robotika, dan area body  serta memastikan memberikan bantuan mesin.

“Yang pasti mesin didukung Tianjin akan datang segera dikirim menunggu renovasi tempat,” ungkapnya.

Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan satu tahun antara dinas pendidikan Tianjin dan Dinas Pendidikan Jatim. Juga antara kepala Dong ly School dan SMK PGRI 2 Ponorogo yang sudah menandatangi LOI atau MoU Loban Workshop.

“Kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Bagi Cina akan lebih  internasional sekolah mereka. Apalagi didukung 100 persen oleh pemerintah,” sebutnya.

Sedangkan bagi SMK PGRI 2 Ponorogo mendapatkan peralatan dengan nilai 5 Milyar lebih dari Tian Jin Dong Li District Vocational Education Center School yaitu :
Biomic Robot Experience, Internastional Micromouse melewati labirin Competition Area, Poweron Kurikulum di Area Praktek.

Untuk peralatan praktek area body yaitu : Sisi ganda mesin las listrik DF-95A, gas multifungsi pelindung mesin las DF-315A, Mash Welder DF-10SP, eelectude software. Dan sebuah mobil listrik dari Advocate Green New Energy.

Kerjasama ini tidak ada batasan jangka waktu. Namun selalu up to date sesuai perkembangan jaman. “Nilai plusnya standar kurikulum internasional sehingga diterima dunia kerja dimanapun berada,”pungkasnya. (rif/mediamatraman)

0 komentar

Posting Komentar

close