Rabu, 14 Desember 2016

Bantuan "Wedus" Untuk 3000 Janda Di Ponorogo


Berita Ponorogo - Berita gembira bagi para single parent yang berstatus janda yang ada di Ponorogo, sejumlah 3.000 janda akan mendapatkan bantuan kambing dari Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni.

Bantuan tersebut dimaksudkan untuk penguatan ekonomi para janda yang menjadi tulang punggung keluarganya.

"Itu program namanya feminisme kemiskinan. Bantuan itu diberikan kepada kepala rumah tangga tunggal yang perempuan. Bantuan itu diberikan untuk peningkatan penghasilan bagi janda," ujar Ipong kepada Kompas.com, Selasa ( 13/12/2016).

Bantuan khusus itu diberikan karena pemerintah sebagai wujud kepedulian kepada para janda selaku kepala rumah tangga yang berjuang menghidupi anak-anaknya.

"Para janda itu seorang perempuan sendirian dan harus memimpin rumah tangga, makanya diberikan bantuan penguatan ekonomi," jelas Ipong.

Pada awalnya menurut Ipong, para janda itu akan diberikan bantuan uang tunai tapi sesuai dengan anturan bantuan uang tidak diperbolehkan.

Bantuan harus diberikan dalam bentuk lain agar tidak langsung habis.

"Bantuan tidak boleh lagi dalam bentuk uang. Ada aturan baru dari pemerintah pusat dan provinsi bantuan peningkatan penghasilan bagi janda tidak boleh uang tunai," kata Ipong.

Selain itu, kata Ipong, bantuan juga harus disalurkan lewat desa. Setelah berembuk dengan kepala desa dan lurah akhirnya disepakati bantuan itu diwujudkan dalam bentuk kambing.

"Kalau dalam bentuk uang akan cepat habis. Akhirnya setelah berembuk dengan para kepala desa kami rupakan dalam bentuk kambing," kata Ipong.

Total anggaran untuk pembelian kambing sebesar Rp 3,1 miliar. Sesuai anggaran itu, satu kambing dianggarkan Rp 1 juta.

Mekanisme penyalurannya, Ipong menjelaskan, dana ditransfer ke kas desa. Selanjutnya, pemerintah desa yang membelikan kambing dan memberikan kepada penerima bantuan.

Ipong menambahkan, program serupa juga akan dianggarkan tahun 2007. Diharapkan, bantuan itu dapat meningkatkan penghasilan para janda ke depannya. [kompas]

0 komentar

Posting Komentar

close