Jumat, 09 Desember 2016

Seperti Iklan Rokok "Kasus Korupsi Hilang", Warga Beberkan Kebobrokan Kejari Ponorogo


Berita Ponorogo - Hari Anti Korupsi se dunia di Ponorogo diwarnai dengan aksi oleh warga setempat. Pasalnya pada 2016 banyak catatan buruk penegak hukum Ponorogo dan tidak kunjung selesai.

Koordinator aksi, Muh Yani, membeberkan kebobrokan Kejari Ponorogo, yakni kasus korupsi pengadaan bibit tanaman hutan Dinas Pertanian, tahun 2013 dengan nilai proyek sekitar Rp 1,8 miliar.

Kejari melakukan penyidikan mulai bulan Juli 2014. Kemudian menetapkan 3 tersangka, yaitu Kepala Dinas Pertanian Sdr Harmanto, Sdr. Bambang PPK dan Sdr. Joko sebagai rekanan (swasta).

Pada Maret 2016 (setelah lebih dari 2 tahun, dilakukan penyidikan dan penetapan tersangka), Kejari Ponorogo, mengeluarkan SP-3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan) atas kasus ini.

Selain itu, lanjut Yani, kasus Humas dan Protokoler juga terindikasi penyimpangan.

Pada Maret 2015, Kejari Ponorogo menetapkan Didik Setiawan, Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Ponorogo dan Marem, Kasubag Humas sebagai tersangka.

Dasar surat penyidikan Sdr Didik, No Prin 02/0524/fd/03/2015 dan Dasar Surat penyidikan Marem .No Prin 01/0524/fd/03/2015, keduanya tertanggal 11 - Maret 2015.

"Lagi-lagi bulan Juli 2016, Kejari Ponorogo mengumumkan SP3 untuk kasus ini. Kemana keadilannya?," kata Yani.

Sementara pada 26 Agustus 2016, Safrudin SH, Jaksa yang ditunjuk sebagai Jaksa Penuntut Umum dalam kasus korupsi Rumah Sakit Hardjono Ponorogo, melakukan pelanggaran prosedur dalam menghadirkan terdakwa Priyo Langgeng untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

"Terdakwa tidak diantar menggunakan mobil kejaksaan, tapi menggunakan kereta api eksekutif. Apa itu adil?," katanya lagi.

Yani mengatakan, terdakwa tidak mengenakan pakaian tahananan kejaksaan, juga tidak dikawal polisi. Terdakwa divonis bebas oleh Majelis Hakim Tipikor. "Kejaksaan Ponorogo kalah oleh koruptor," ungkapnya.

Selain itu, Yani mengatakan dalam penanganan kasus korupsi DAK (Dana Alokasi Khusus) Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, 2 tahun dinyatakan tersangka, Mantan Wakil Bupati Ponorogo, Yuni Widyaningsih tidak ditahan.

"Tahan saja. Tahan saja Ida, mantan Wabup Ponorogo itu. Bersihkan Ponorogo," pungkasnya. [mit/suf/berita/jatim]

0 komentar

Posting Komentar

close