Kamis, 12 Januari 2017

Tilang Tanpa Sidang Jangan "Kecelek", Dari Polres Langsung Ke Kejari


Berita Ponorogo - Aturan baru kembali diluncurkan pemerintahan Jokowi. Kali ini tentang pengambilan barang bukti tilang. Kalau beberapa waktu yang lalu alur tilang dari Polres ke Pengadilan Negeri (PN) baru ke Kejaksaan Negeri (Kejari).

Kini dari kepolisian langsung ke kejaksaan negeri tanpa melalui PN.

Seperti yang terjadi pada Rabu (11/1/2017) siang, ratusan pelanggar langsung memadati kantor Kejari Ponorogo yang beralamat di Jalan MT Haryono, Kelurahan Beduri, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

Mereka rata-rata "kecelek" karena mendatangi Pengadilan Negeri setempat di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Tonatan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

"Saya sempat keliru tadi. Karena biasanya ke PN di Jalan Juanda. Sekarang langsung bisa ke Kejaksaan," kata Agus Zainudin, salah satu pelanggar.

Agus mengakui baru saja tahu kalau alur tilang sekarang tidak lewat PN. Dia juga tidak tahu besaran denda atas pelanggarannya ternyata bisa dilihat di website PN.

"Tidak ada sosialisasi. Jadi semua serba tidak tahu. Namun memang lebih singkat. Di Kejaksaan tinggal bayar langsung ambil barang bukti yang disita," ujarnya.

Sementara, Kajari Ponorogo, Suwandi, menuturkan, aturan tersebut merupakan aturan baru. Sesuai dengan kesepakatan antara pihak Kepolisian, PN, Kejari dan BRI.

"Sesuai dengan kesepakatan bersama. Per hari ini langsung mengambil barang bukti ke kejaksaan," katanya. [berita jatim]

0 komentar

Posting Komentar

close