Kamis, 23 Maret 2017

Santer Berita Penculikan Tersiar Di Kabupaten Ponorogo, Kapolres Pastikan Hanya Berita Hoax


Berita Ponorogo Hari Ini - Dalam waktu dua minggu terakhir masyarakat khususnya warga Ponorogo geger lantaran pesan yang dibagikan lewat Whatapps tentang informasi kasus penculikan anak di bawah umur.

Terakhir santer tersiar kabar penculikan di bawah umur terjadi di Somoroto dan Sambit.

Isin pesannya sebagai berikut :

"Assalamu alaikum.ijin...info dari teman-teman kantor, kemarin ada percobaan penculikan, Kronologisnya Galih kls 5B diiming2i akan diberi uang 500 rb diajk naik mobil avanza hitam. Galihnya tidak mau trus lari. Ada 4 org laki2 1 turun 3 di dalam mobil. Tolong diumumkan Anak-anak TPA dan sekolah lain, suruh hati-hati. Ijin untuk diinfokan ke saudara atau tetangga".

Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmati pada (23/03) menuturkan isu tersebut memang ada akan tetapi hingga kini tidak ada laporan mengenai hal tersebut ke Polsek ataupun Polres Ponorogo.

Bhabinkamtimas yang tersebar di setiap desa wilayah Kabupaten Ponorogo juga hingga kini belum menerima laporan sama sekali mengenai orang tua yang kehilangan anak karena penculikan.

AKBP Suryo mengharapkan masyarakat tidak termakan isu ini sehingga tidak merembet pada hal yang tidak diinginkan.

Meskipun bisa dibilang berita penculikan tersebut belum terbukti benar-benar terjadi di wilayah Ponorogo, orang tua tetap harus waspada.

Tingkatkan pengawasan anak di lingkungan rumah, terlebih lagi anak-anak jaman sekarang dibawah umur sudah dipegangi smartphone dan bebas mengakses internet.

Anak kecil jaman sekarang sudah pintar bersosial media namun belum paham betul bagaimana cara bersosial media yang benar.

"Sekali waktu cek HP/ akun medsos anak, jangan sampai kebablasan sehingga ketika anak sudah terjerumus jauh baru sadar. Antar dan jemput anak ke dan dari sekolah sehingga anak tidak pergi ketempat yang tidak sesuai seusai pulang sekolah. Tentunya hubungan antara ortu dan anak semakin harmonis," katanya.

AKBP Suryo juga menghimbau masyarakat apabila ada orang yang tidak dikenal dan terlihat mencurigakan segera melapor ke ketua RT atau petugas yang berwenang sehingga bisa segera diketahui apa dan siapa orang tersebut.

"Untuk semuanya jangan pernah main hakim sendiri terhadap orang yang dicurigai melakukan Tindak Pidana. Serahkan kepada pihak berwajib sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum yang baru," pungkasnya.

0 komentar

Posting Komentar

close