Rabu, 29 Maret 2017

Reyog Dipakai Cari Receh, Seniman Reyog Asli Ponorogo Demo Super Damai Di Depan Kantor DPRD


Berita Demo Reyog Ponorogo - Rabu pagi terlihat pemandangan tak biasa di kantor DPRD Ponorogo. Puluhan seniman Reyog seantero Ponorogo berkumpul melakukan demo. Namun demo ini terlihat luar biasa, sangat berbeda dari demo-demo yang lain.

Meskipun puluhan seniman itu demo, namun demo tersebut berjalan super damai. Mereka membawa lengkap atribut Reog mulai dari gendang, bujang ganong dan lain sebagainya.

Ini merupakan wujud protes seniman Reyog Ponorogo terkait seniman Reyog Madiun yang ngamen (cari receh) di Ponorogo serta mengkarciskan pertunjukannya.

Seniman Reyog Ponorogo melakukan tarian dari awal. Tarian itu dipertontonkan secara gratis tanpa bayar.

"Ini Ponorogo kotanya Reyog, seharusnya tidak berbayar" kata Sunardi selaku koordinator aksi demo.

Rabu pagi (29/3) itu Sunardi meminta wakil rakyat yang ada di Kantor DPRD agar bisa mengirimkan perwakilan.



Yang menarik dalam aksi demo seniman Reyog Ponorogo ini adalah Polisi ikut mendukung aksi demo yang dilakukan dengan sangat damai ini.

Tampak ada anggota Polres Ponorogo yang ikut menari saat sedang menjalankan tugasnya melakukan pengamanan demo tersebut.

"Ini adalah bentuk apresiasi saya. Masyarakat maunya Reyog sebagai kesenian, bukan untuk ngamen" kata Dulhajis, Kanit Polres Ponorogo.

Dulhajis juga mengaku tidak sependapat jika Reyog Ponorogo digunakan untuk ngamen. Reyog adalah budaya peninggalan leluhur yang harus dilestarikan dan dijaga.

0 komentar

Posting Komentar

close