Minggu, 09 April 2017

Korban Longsor Banaran Pulung Ponorogo Dapat Santunan Rp 35 jt Dan Jaminan Hidup Rp 900 Rb


Berita Terkini Bencana Longsor Banaran Pulung Ponorogo Hari Ini - Bantuan dan donasi bagi bagi keluarga korban longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo terus mengalir.

Sedangkan bantuan dari Pemerintah khususnya dari Pemda Ponorogo, Pemprov Jawa Timur, serta dari Kementrian Sosial bila dikalkulasi total Rp 35jt ditambah dengan jaminan hidup senilai 900rb per orang selama 6 bulan kedepan.

Seperti yang dijelaskan oleh Bupati Ipong, keluarga yang kehilangan rumah ataupun rumahnya mengalami rusak berat juga akan mendapatkan bantuan rumah permanen.

Bupati Ponorogo merincikan besaran bantuan yang diberikan pemerintah bagi korban Tanah Longsor Banaran Pulung Ponorogo yaitu :

  • Pemerintah Kabupaten Ponorogo Rp10 juta, 
  • Pemprov Jatim Rp10 juta
  • Kementerian Sosial RI Rp15 juta 

Saat ditanya mengapa bantuan dari Pemkab hanya Rp 10 juta, Ipong menjelaskan pada Sabtu (8/4) bahwa Dana tanggap darurat Pemkab Ponorogo sebenarnya ada sekitar 10 miliar.

Meski begitu, dialokasikan untuk bantuan memang  cuma Rp 10 juta. Dana sebesar 10 miliar tersebut tidak akan dicairkan semua karena digunakan sebagai dana antisipasi jika terjadi bencana lain di Ponorogo.

Dana operasional yang telah  dikeluarkan Pemkab Ponorogo, Rp 200 juta.

"Ya itu alasannya. Pemkab keluarkan Rp 200 juta karena antisipasi bencana lain," katanya.

Bupati Ponorogo juga menambahkan Basarnas juga telah mengeluarkan dana operasional. Ipong mengaku, untuk evakuasi, Basarnas mengeluarkan dana sebesar Rp 500 juta.

0 komentar

Posting Komentar

close