Minggu, 09 April 2017

Pasca Longsor Susulan Banaran Pulung Ponorogo, Ratusan Warga Diungsikan Ke Tempat Aman


Berita Longsor Susulan Di Banaran Pulung Ponorogo Hari Ini - Pasca terjadinya longsor susulan di lokasi longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur petugas akhirnya terpaksa mengungsikan kembali warga yang tadinya sempat pulang ke rumah masing-masing.

Ini dikarenakan pergerakan tanah yang bercampur dengan air berpotensi menjadi lebih tinggi intensitasnya dan berpeluang menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada rumah warga yang berada di bawah sektor D.

Insiden longsor susulan ini menyebabkan satu unit mobil K-9 tertimbun serta alat berat dan dua rumah warga juga ikut tertimbun pada Minggu (09/4).

Para relawan, Tim SAR yang tengah melakukan evakuasi, serta warga ratusan warga yang berada di bawah sektor D berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Volume material longsor yang mengalami pergerakan waktu itu mencapai ratusan ribu kubik.

"Semua warga kita minta untuk mengungsi. Rumah-rumah penduduk sudah kita gedor-gedor dan kita minta untuk meninggalkan tempat ke lokasi yang lebih aman," kata Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Darmadi, pada Minggu (09/4).

Kapolres mengatakan pergerakan material longsor ini sangat membahayakan warga yang berada di bawah sektor D.

Lokasi tersebut adalah pemukiman padat penduduk, bila terjadi lagi pergerakan material longsor dengan skala besar, bisa saja menimbulkan korban jiwa.

AKBP Suryo Darmadi menambahkan, lokasi tersebut disterilkan saat ini mengingat situasinya yang cukup membahayakan.

Proses pencarian korban longsor dihentikan sementara dan menunggu rapat evaluasi. Seperti yang kita ketahui keadaan tanah di lokasi sangatlah labil.

Menurut informasi yang didapat dari Basarnas hingga saat ini insiden longsor susulan di Banaran Pulung Ponorogo tidak ada korban jiwa, hanya saja hanya kendaraan dan dua rumah yang tertimbun.

Mengenai hal tersebut pihak-pihak terkait masih melakukan pendataan.

0 komentar

Posting Komentar

close