Minggu, 28 Mei 2017

Yang Membatalkan Puasa Wajib Ramadhan Maupun Puasa Sunnah Serta Mengurangi Pahala Puasa Adalah


Yang Membatalkan Puasa Wajib Ramadhan Maupun Puasa Sunnah Serta Mengurangi Pahala Puasa Adalah - Menjalankan puasa wajib ramadhan serta menjaga agar pahalanya tetap utuh adalah cobaan besar bagi setiap umat muslim. Ditambah lagi dengan puasa sunnah yang dilakukan di bulan lain dapat menambah pahala apabila kita kerjakan.

Pada dasarnya puasa berasal dari bahasa arab shaum yang artinya menahan diri. Bisa kita artikan menahan diri dari lapar serta haus dan juga menahan diri dari segala segala godaan yang bisa mengurangi pahala dari puasa atau yang lebih buruk membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga waktu magrib.

Maka dari itu kita harus tahu hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa wajib ramadhan maupun puasa sunnah.

Apa Saja Perbedaan Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Dan Mengurangi Pahala Puasa?

Pada intinya kedua hal ini berkaitan, apabila salah satu dilanggar maka puasa wajib ataupun puasa sunnah jadi sia-sia dan hanya mendapatkan lapar dan haus saja apabila dikerjakan.

Hal Apa Saja Yang Bisa Membatalkan Puasa Wajib Ramadhan Maupun Puasa Sunnah?

Banyak hal yang bisa membatalkan puasa, berikut ini beberapa hal yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Hal-hal yang bisa membatalkan puasa wajib ramadhan maupun puasa sunnah antara lain :

  1. Memasukkan cairan kedalam tubuh lewat jarum suntik dengan tujuan agar badan tetap segar (kenyang). Hal ini masih menjadi perbedaan pendapat, namun dengan dilakukannya tindakan memasukkan cairan ke dalam tubuh lewat jarum suntik bisa diartikan bahwa orang yang melakukannya adalah orang yang sakit.
  2. Muntah dengan sengaja dengan cara memasukkan jari ke dalam kerongkongan maupun menggunakan cara yang lain.
  3. Makan dan minum dengan sengaja baik itu mencicipi masakan ataupun minuman saat sedang berpuasa wajib ramadhan maupun puasa sunnah. 
  4. Melakukan Jima' (hubungan suami istri) di siang hari saat sedang melakukan puasa wajib ramadhan ataupun puasa sunnah sehingga keluar air mani. Bila ini terjadi baik suami maupun istri batal puasanya.
  5. Keluar mani dengan sengaja dan sadar entah bagaimanapun caranya, termasuk juga dalam hal ini menonton ataupun melihat sesuatu hal yang porno sehingga menyebabkan birahi.
  6. Hilang akal alias gila. Termasuk juga minum-minuman beralkohol yang bisa menyebabkan hilang akal.
  7. Berkumur secara berlebihan ataupun gosok gigi selama menjalankan puasa wajib ramadhan maupun puasa sunnah berpotensi besar bisa membatalkan puasa karena air bisa saja tertelan. Jadi apabila berwudhu seperlunya saja.
  8. Berenang boleh saja dilakukan namun kita harus benar-benar bisa menjaga agar air tidak masuk ke dalam tubuh. Tapi daripada puasa kita batal sebaiknya kita tidak melakukannya, atau berenang setelah berbuka puasa.
  9. Haid dan nifas (melahirkan)
  10. Merokok dengan sengaja. Asap rokok termasuk ke dalam benda karena sifat benda terlihat dan berbau, bisa saja asap rokok masuk ke dalam lambung sehingga batal puasanya. Kalau menghirup wewangian tidak membatalkan puasa.
  11. Keluar dari agama islam (murtad). Puasa wajib ramadhan maupun puasa sunnah adalah kewajiban dari setiap orang muslim. Apabila keluar dari agama islam saat berpuasa berarti dia bukan orang islam maka puasanya batal.
  12. Tidak mandi besar dengan sengaja setelah suami istri berhubungan di malam hari walaupun sudah tahu batas waktu subuh.

Hal Apa Saja Yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Dan Bahkan Menghilangkan (Membatalkan) Pahala Puasa Wajib Ramadhan serta Puasa Sunnah?

Beberapa hal berikut adalah hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa dan menghilangkan pahala puasa, antara lain :
  1. Marah-marah (tidak bisa menahan emosi) saat berpuasa termasuk juga berkata kotor dan bersumpah serapah yang menjurus ke hal-hal negatif.
  2. Membicarakan kejelekan orang lain, berbohong, mengadu domba, bersaksi dengan kesaksian yang palsu untuk tujuan yang negatif (tidak baik)
  3. Membicarakan hal yang tidak membawa manfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain (umuk, nggambleh, dan sebangsanya).
  4. Berteriak-teriak yang menyebabkan timbul emosi, bahkan menyulut pertengkaran.
  5. Melihat cewek (wanita) bukan muhrim secara berlebihan sehingga timbul nafsu atau keinginan untuk melakukan sesuatu.
  6. Mencium lawan jenis yang bukan muhrim.
  7. Mencium suami atau istri sehingga timbul nafsu.
  8. Mencuri, merampas hak orang lain, serta kegiatan lain yang bisa merugikan bahkan mencelakakan orang lain.
Sebenarnya masih banyak hal yang bisa membatalkan puasa maupun mengurangi pahala puasa dan bahkan menghilangkan pahala puasa.

Apabila artikel ini membantu, maka bantulah orang lain dengan membagikannya. Apabila artikel ini kurang lengkap silahkan tambahkan di kolom komentar nanti akan kami update ke dalam artikel.

Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT.

0 komentar

Posting Komentar

close